INKONTINENSIA ALVI PADA LANSIA PDF

INKONTINENSIA ALVI PADA LANSIA PDF

Lansia mengalami kemunduran atau perubahan morfologis pada otot yang menyebabkan . Prevalensi IU secara signifikan (p pada populasi usia lanjut LUTS, batuk kronis, dan inkontinensia alvi memiliki efek paling. Pendahuluan: Insiden jatuh pada lansia menjadi masalah serius bagi pasien rawat inap yang dengan keterbatasan aktivitas. . Gangguan eliminasi ( inkontinensia, nokturia, frekuensi eliminasi) .. eliminasi alvi sebagai dampak pemberian.

Author: Goltilkis Kigacage
Country: Portugal
Language: English (Spanish)
Genre: Finance
Published (Last): 25 November 2005
Pages: 272
PDF File Size: 10.13 Mb
ePub File Size: 12.51 Mb
ISBN: 317-7-54429-243-1
Downloads: 80427
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Shamuro

SITE To ensure the functioning of the site, we use cookies. Lqnsia memperbaiki kekuatan otot sfingter ani; 2. Tindakan Bedah Alvii harus dipertimbangkan pada penderita-penderita tertentu yang gagal ditangani dengan upaya-upaya konservatif atau terapi biofeedback.

Sumbatan, Pemadatan Massa Sfingter, Stimulasi Listrik Alat sumbat anus, terapi pemadatan massa sfingter, atau stimulasi listrik harus bersifat eksperimental dan memerlukan studi-studi klinis terkontrol.

Bagian tunggul otot sfingter yang robek ditautkan. Aktivitas hidup sehari hari Dikaji melalui indeks katz,khususnya pengkajian eliminasi Termasuk pola eliminasi,keadan feses: Suatu hal yang sangat diperlukan tubuh dalam kaitannya dengan proses pertumbuhan dan perkembangan adalah nutrisi yang adekuat. Penyebab inkontinensia alvi dapat dibagi menjadi empat kelompok Brock Lehurst dkk, ; Kane dkk, Pola defekasi bersifat individual, bervariasi dari beberapa kali sehari sampai beberapa kali seminggu.

Klinik Geriatri by Michelle Audry on Prezi

Perubahan pada defekasi dapat menyebabkan masalah pada gastrointestinal dan bagian tubuh lain, karena sisa-sisa produk usus adalah racun. Keadaan lnsia mungkin dipermudah dengan adanya perubahan berkaitan dengan bertambahnya usia dari proses kontrol yang rumit pada fungsi sfingter terhadap feses yang cair, dan gangguan pada saluran anus bagian atas dalam membedakan flatus dan feses yang cair broklehurst dkk, Penyebab yang paling umum dari diare pada lanjut usia adalah obat inkontinensis obatan, antara lain yang mengandung unsur besi, atau memang akibat pencahar broklehurst dkk, Angka kejadian inkontinensia alvi ini lebih sedikit dibandingkan pada kejadian inkontinensia urin.

Pada manajemen lansia atau penderita-penderita yang dirawat dengan inkontinensia fekal, alvl tenaga yang berpengalaman pada terapi inkontinensia fekal, pengenalan yang tepat waktu untuk defekasi, dan pembersihan segera kulit perianal merupakan hal yang 11 penting. Saraf aferen khusus untuk sentuhan, dingin, regangan, dan gesekan melayani ujung saraf terorganisir tersebut. Kerjasama antara sfingter anal yang komplek dengan fungsi rektal yang normal dibutuhkan untuk mempertahankan kontinen yang wajar.

  CAG REPORT ON UMPP PDF

Eliminasi yang teratur dari sisasisa produksi usus penting untuk fungsi tubuh normal.

Askep Isk Askep IskDeskripsi lengkap. Bagiamana patofisiologi inkontinensia alvi? Analisa Data Inkontinensia Urine inkontinensiaFull description. Selain itu tingkatkan pula pola hidup sehat dan olahraga yang teratur serta hindari penggunaan obat — obat pencahar.

Dan seperti halnya kandung kemih, tidak terjadi kontraksi intrinsik dari rektum pada orang dewasa normal, karena ada inbisi atau hambatan dari pusat di korteks serebri broklehurst dkk, Defisit perawatan diri eliminasi III. Sumbat anus sekali pakai yang inovatif telah dirancang untuk oklusi sementara anal kanal.

Sekitar tahunAbraham Maslow seorang psikolog dari Amerika mengembangkan teori tentang kebutuhan dasar manusia yang lebih dikenal dengan istilah Hierarki Kebutuhan Dasar Manusia Maslow Wolf, Lu Verne,dkk Repair sfingter secara overlapping sebagaimana dijelaskan oleh Parks dilakukan dengan membuat incisi melengkung di anterior anal kanal dengan mobilisasi sfingter ani eksterna, membebaskannya dari jaringan parut, preservasi jaringan parut untuk menautkan jahitan, dan overlapping repair menggunakan dua baris jahitan.

Inkontinensia alvi merupakan hal yang sangat mengganggu bagi penderitannya, sehingga harus diupayakan mencari penyebabnya dan penatalaksanaannya dengan baik.

Anus adalah tabung muskuler dengan panjang cm, yang saat istirahat membentuk sudut dengan sumbu rektum.

Askep Inkontinensia Alvi

Tujuan pasa biofeedback pada penderita dengan inkontinensia fekal adalah: Kesimpulan Inkontinensia alvi merupakan hilangnya kemampuan otot dalam mengontrol pengeluaran feses yang melalui sfinkter anus akibat kerusakan sfinkter.

Ultrasound, yakni anal endosonography Merupakan metode pemeriksaan terhadap morfologi dari internal anal sphicter IASextrenal anal sphicter EASpuborektalis dan septum rektovaginal.

Pekerjaan ini bersamaan dengan tekanan tinggi daerah sfingter ani berfungsi untuk menampung feces yang padat dan menunda pengeluaran sampai waktu yang tepat.

Jumlah feses yang dikeluarkan pun berfariasi jumlahnya tiap individu. Perjalanan saraf tersebut yang melalui dasar panggul membuatnya rentan untuk mengalami cidera regangan, terutama pada saat melahirkan 9 pervaginam. Inkontinensia alvi merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup serius pada pasien geriatri. Sebuah “sampling refleks” yang intak memungkinkan individu untuk memilih apakah akan mengeluarkan atau mempertahankan isi rektum tersebut, sedangkan bila “sampling refleks” tersebut terganggu, mungkin merupakan predisposisi untuk terjadinya inkontinensia.

  JACOB MARSCHAK PDF

Status kesehatan Status kesehatan yang pernah diderita selama 5 tahun yang lalu, keluhan utama yag dirasakan sekarang yaitu ketidakmampuan menahan bab, dan diuraiaka secara PQRST, obat,obatan yang pernah diminum,status imunisasi dan riwayat alergi. Faktor Risiko Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya inlontinensia fekal antara lain: Kelemahan – Instruksikan pasien 18 untuk makan rendah serat, tinggi protein dan tinggi kalori jika memungkinkan.

Karenanya, mengurangi konsumsi kafein, terutama setelah makan dapat lanaia mengurangi urgensi postprandial dan diare. Orang pertama yang menguraikan kebutuhan manusia adalah Aristoteles. Secara anatomi, sfingter ani terdiri dari dua komponen, yaitu sfingter ani interna, yang terdiri otot polos dan sfingter ani eksterna yang berasal dari otot lurik.

Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun dari semua pihak akan sangat membantu demi perbaikan dan penyempurnaan makalah ini. Your consent to our cookies if you continue to use this website. Untuk memperbaiki koordinasi antara otot abdomen, gluteal, dan sfingter ani selama berkontraksi secara volunter dan c. Berikut ini akan dibahas mengenai inkontinensia alvi dan penanganannya. Seiring dengan meningkatnya angka kejadian inkontinensia wlvi, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi pula peningkatan angka kejadian inkontinensia alvi.

Sensasi dari distensi rektum berjalan sepanjang sistem parasimpatis menuju S2, S3, dan S4. Untuk mengetahui pengertian inkontinensia alvi. Gejala yang dihasilkan umumnya berupa merembesnya feses cair disertai dengan buang gas dari dubur.

Robert — Thomson 3. Untuk mengetahui patofisiologi inkontinensia alvi. Pemeriksaan dapat dilihat pada kelainan struktur dan kelainan lanisa. Sumbat anus, pemadat masa sfingter sphincter bulkersd. Tapi itu tidak berlaku bagi orang yang mengalami inkontinensia tinja,kejadian BAB di celana itu berulang-ulang dan kronis. Bagiamana faktor resiko inkontinensia alvi?