EPIDEMIOLOGI ASMA BRONKIAL PDF

EPIDEMIOLOGI ASMA BRONKIAL PDF

Jurnal Epidemiologi Indonesia Vol 4, No 3 (). Prevalensi dan Faktor Resiko Asma Bronkial pada Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertaina. Data PTM dalam Riskesdas meliputi: (1) asma; (2) penyakit paru obstruksi Prevalensi asma, PPOK, dan kanker berdasarkan wawancara di Indonesia. Table 6. Phase I ISAAC Study in Indonesia, Age Group Years. Prevalence of Wheeze Ever, Wheeze Past Year and Asthma Ever – “Epidemiology of.

Author: Fejas Gardalkree
Country: Qatar
Language: English (Spanish)
Genre: Marketing
Published (Last): 16 September 2009
Pages: 123
PDF File Size: 7.4 Mb
ePub File Size: 19.13 Mb
ISBN: 349-4-34125-650-2
Downloads: 90560
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Tozilkree

Penyakit asma masuk dalam sepuluh besar penyebab kesakitan dan kematian di Indonesia.

Pernah mengalami penyakit psikiatrik atau masalah psikososial h. User Username Password Remember me.

ASMA GINA – Free Download PDF

This research is a descriptive study using case series design. Metode ini sangat bermanfaat pada dewasa dan anak-anak.

Basic Health Research reports Asthma prevalence in Indonesia is 4. Skip to search form Skip to main content. Please help us to share our service with your friends. Links between allergic rhinitis and asthma still reinforced. Data were obtained from medical records secondary data. Dzicky Rifqi Fuady Category: Melihat epidemiologi asma saat ini, tenaga kesehatan perlu mempelajari lebih dalam lagi tentang penyakit ini sesuai panduan terbaru.

Epidemiology of asthma in Indonesia.

Pemberian ICS dosis rendah dini pada pasien asma akan meningkatkan fungsi paru lebih baik dibandingkan jika pemberiannya dilakukan sudah muncul gejala selama tahun. The objectives of the study were to identify the epidemiological data on asthma and its correlation with the risk factors unong junior high school students at the Municipality of Yogyakarta using cross sectional a rid case control design. Subjek bernapas melalui spirometri dengan eoidemiologi cepat, kuat dan sedalam mungkin selama minimal detik.

  BIOREMEDIASI PESTISIDA PDF

Though inconclusive, using gas stove coul l be considered asam having contribution of asthma incidence OR: Pola asma bronkial penelitian restrospektif di Subbagian Alergi Imunologi. Pada follow up jangka waktu sedang memang pasien yang diterapi dengan metode ini akan mengalami penurunan jumlah eksaserbasi.

Batuk terkait obat g. Inspirasi penuh sebelum pemeriksaan dimulai b. Penyakit parenkim paru h. Evaluation of cytokine mRNA in induced sputum from patients with allergic rhinitis: Apabila subjek merasa pusing maka manuver segera dihentikan karena dapat menyebabkan subjek pingsan.

Patogenesis dan patofisiologi asma secara umum kompleks yang menyebabkan inflamasi jalan nafas yang kronik 4. Controller medication, yaitu obat yang digunakan untuk pemeliharaan asma secara epidwmiologi. Untuk pasien ini, penting untuk dicatat variablitis fungsi paru. Variabel yang diukur dalam pemeriksaan spirometri a.

Size px x x x x Nonfarmakologis GINA, a. Definisi Asma adalah penyakit heterogen, biasanya ditandai dengan inflamasi jalan nafas kronik.

Diagnosa dan Tatalaksana Asma Bronkial. Disfungsi pita suara c. Akan tetapi, jika FEV1 tetap dalam batas epidemoologi saat pasien sedang mengalami gejala asma, maka kemungkinannya kecil bahwa kemungkinan penyakitnya adalah asma.

Inhalasi benda asing 3. Kurangnya rencana penanganan asma yang dibuat g. Memenuhi syarat awal ekspirasi yaitu dengan usaha maksimal dan tidak ragu-ragu c. Bronchial Epidmeiologi sufferers are expected elidemiologi always control the disease and avoid the trigger factors of Asthma. Pasien obesitas Asma lebih sering ditemukan pada pasien dengan obesitas, gejala respiratorik yang terkait dengan obesitas dapat menyerupai asma.

Pasien asma dengan alergi makanan 3. Gejala terbatasnya jalan nafas dapat sembuh secara spontan dengan pengobatan dan dapat menghilang selama beberapa minggu atau bulan. Pertanyaan tersebut penting dan mengarahkan kepada anjuran agar pasien mengganti tempat kerja atau pekerjaannya, yang tentunya akan berpengaruh pada aspek sosioekonomis pasien. Asma Eksaserbasi Akut Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi poin-poin penting tentang asma eksaserbasi akut: Subjek bebas rokok minimal 2 jam sebelumnya, tidak makan terlalu kenyang, tidak berpakaian terlalu ketat, penggunaan obat pelega napas terakhir 8 jam sebelumnya untuk aksi singkat dan 24 jam untuk aksi panjang.

  BIAMP NEXIA PM PDF

By clicking accept or continuing to use the site, you epidwmiologi to the terms outlined in our Privacy PolicyTerms of Serviceand Dataset License. Wanita hamil Brlnkial hamil atau wanita yang merencanakan hamil harus ditanyai epidekiologi riwayat asma dan diberikan edukasi tentang asma. FENO dapat meningkat pada asma eosinofilik dan pada keadaan non asma misalnya rinits alergi, dan belum dipastikan bermanfaat untuk diagnosis asma.

Hiperventilasi, pernafasan disfungsional c. Citations Publications epidemiolohi this paper. Pengukuran yang diperoleh dari ekspirasi yang dilakukan secepat dan sekuat mungkin. Akan tetapi, vaksinasi ini tidak dapat menurunkan frekuensi atau keparahan serangan asma.

Variasi yang terjadi disebabkan oleh beberapa faktor misalnya olahraga, papatan alergen atau iritan, perubahan cuaca, atau infeksi viral pernapasan GINA, Hal ini paling sering terjadi pada anak-anak dan memberat saat malam hari dengan fungsi paru normal.